Senin, 19 Maret 2012

AKU GAGAL MENIKAH !

Hari sudah pagi, jam dinding di kamarku sudah menunjukan pukul 07.05 pagi, masih ingin bermalasan di ranjang empukku ini tapi seakan matahari yang sudah masuk ke kamarku memaksaku untuk segera bangun pagi di tambah lagi yang hampir sepekan lebih ini hatiku merasa seperti anak SMP yang di landa kasmaran ^^ mengapa tidak?? mahasiswa pindahan dari kota palembang itu hampir 18 hari ini mampu membuat aku gelisah di siang hari dan susah tidur di malam hari #LEBAY !!
saat melihatnya yang pertama kalinya rasa-rasanya seperti sedang mimpi saja, wajahnya yang indo,alisnya yang tebal,bibirnya yang tipis,senyumannya yang ahh,, nggak ngak kuat liatnya membuat sentakan jantungku ini tak karuan saat sadar dia se ruangan denganku dan duduk di belakangku. Ooohh Tuhan kau ciptakan makluk se keren ini di penglihatan mataku !
namanya BIMA kelahiran palembang 20 tahun yang lalu, jarang sekali aku mendapati dirinya berkumpul dengan teman-temannya yang selalu ku lihat dia hanya serius memperhatikan laptopnya dan bukunya yang setebal 10cm itu... cobalah sesekali dia melirikku, tapi hahaha jangankan melirik senyum saja ogah dia berikan untukku -.- padahal kalau di perhatikan aku ini nggak jelek-jelek amat juga,otak sangat menjanjikan,gaya hmm jangan di ragukan,kesetiaan behh no 1 deh,baik?? apalgi !! ehmm harus butuh waktu berapa banyak lagi agar bisa berkenalan dengannya ? setidaknya berteman sajalah dulu biar akrab ^^


    Hari ke 28 belum juga ada tanda-tanda aku akan bersahabat dengan dirinya, kuliahu makin amburadol karena tiap harinya ke kampus isi otakku hanyadi sini dengan materi tentang dia, padal baru mau sebulan dia disini.. bagaimana kalau udah 1 semester?? bisa jongkok IP ku ini .


Sudah siang,hujan kali ini turun sangat deras membasahi kota surabaya ! Bagaimana aku harus pulang cepat untuk menghadiri acara wisuda S3 Ayah kalau hujan masih saja deras begini. sambil menatap lesuh keluar jendela tiba-tiba terdengar suara itu "mari kuantar pulang"  dengan malasnya aku berbalik menanggapi tawaran orang itu dan "OMG... BIMA???"  seruku dalam hati saat itu juga yang membuat tenggorokannku saat itu juga terasa kering untuk bicara padanya. "kebetulan aku bawah mobil, mau pulang lewat arah rumahmu jadi kalau kamu tidak keberatan bisa nanti ku antar pulang biar nggak telat ke acara wisuda ayahmu"  sambungnya lagi yang membatalkan lamunanku.
kok dia tahu hari ini ayahku wisuda?? oo..ternyata tadi tanpa segaja dia mendengar obrolanku di telephone dengan adikku shela saat di ruang laboratorium !
tak ada penolakan meski sekali pun dia mengajakku pulang di bawah hujan dan harus basah kuyup TAK MENGAPA asalkan bisa bersamanya hahaha... Tuhan memang baik,mengabulkan doaku di hari ke 48 ini :)
sepanjang jalan tak ada kata silent masing-masing saling menceritakan tentang diri masing-masing.. hmm ternyata dugaanku selama ini yang mengvonis bahwa dirinya itu pendiam ternyata salah besar hahaha orangnya sangat cerewet juga himoris.. aduh tambah nggak kuat aku dekat-dekat dia ^^


Selang beberapa hari kemudian, hubungan aku dan bima bertambah akrab kami berdua banyak menghabiskan waktu bersama di dalam kampus maupun di luar kampus. sekarang aku tak perlu lagi repot-repot menaruh cerminku diatas meja agar bisa melihatnya yang duduk di belakangku,sekarang merasa semuanya indah dan kuliahku makin indah saat bertemu dengan dia.... :)


Sudah 2 semester aku melewati kuliahku bersamanya, masih punya sedikit harapan agar hubunganku bersamanya bisa lebih dari seorang sahabat tapi tak terlalu ku tuntut karena dengan begini saja aku sudah sangat merasa ebih dari indah. tapi siapa di sangka Tuhan ternyata menjawab perasaanku ini.. ia mengungkapkan perasaannya saat hari ulang tahunku tepat jam 12 malam teng-teng ^^ ini hadiah terbesar,terindah yang kudapatkan di usiaku yang memasuki 21th sekali lagi AKU BAHAGIA :)
dia menjadi pacarku semoga sampai nanti hubungan ini tetap utuh ^^


hari-hariku makin terasa indah setelah sah menjadi kekasihnya,dia lelaki yang sangat perhatian dan baik.. kami tak pernah ribut.. dia sangat sabardan sangat mengerti tentang diriku. 2 tahun berlalu hubungan ini pun makin berjalan baik-baik saja tak ada perasaan yang mengganjal di hatiku semuanya fine dan aku sangat menikmati segala bentuk kasih sayang yang di berikannya padaku. Akhirnya kami berdua selesai kuliah juga, wisuda bersama dan akan segerameninggalkan kenangan indah kami selama di kampus ini. berbagai planning pun sudah di susun, bima yang sudah bekerja sejak setahun yang lalu saat masih kuliah sudah berencana agar tahun depan kami berdua menikah. hati wanita mana yang takan merasa sangat bahagia saat kekasih tercintanya melamar dirinya di depan orang banyak, dan itu yang di lakukan bima. Dia melamarku di sebuah restoran klasik, memintaku untuk menerima dirinya menjadi suamiku.. air mataku sempat menetes saat itu juga sangat terharu dan merasa dialah belahan jiwaku.
orang pertama yang ku beritahu berita ini adalah adik ku SHELA, dia sangat bahagia mendengarnya hingga takberhenti-hentinya memelukku dan ikut menangis bahagia bersamaku. ibu dan ayah pun sudah mengetahui hal ini dan selang seminggu kemudian Bima dan keluarganya segera mendatangi keluargaku untuk melamarku. akhirnya pria yang selama ini aku cintai sebentar lagi kan menjadi suamiku.
Sebulan sebelum menikah, semuanya sudah di persiapkan mulai dari baju pengantin,gedung,undangan,makanan,dan lain-lainya sudah di siapkan oleh para panitia yang di bentuk oleh keluarga kami berdua. cincin pun sudah di pesan ^^


3 bulan yang lalu saat memesan cincin bersama bima kuperhatikan cincinnya agak besar tapi sekarang sepertikelihatan mengecil ya?? hmm aku tak terlalu mempermasalahkannya karena yang ku butuhkan ijab kabulnya bukan cincinnya, masalh cincin itu tak pas biar nanti ku ganti lagi karena sangat tak mugkin untuk menggantikan sekarang sebab hari H semakin dekat dan tinggal 2 hari lagi.
kebaya putih yang ku pesan di mbak ani desaigner indonesia ternama sudah masuk di kamarku,sudah 2 minggu aku di pingit dan tak bisa keluar kamar untuk bertemu dengan bima karena adadnya seperti ini jadi bukan maen rasa rinduku ini sungguh sangat kebangetan karena hampir 2 minggu tak saling memandang hanya berkomunikasi lewat telephone saja.


inilah saat-saat mengharukan untukku saat dimana aku harus memeluk ibuku yang menagis sedih karena anak pertamanya akan segera menikah dan berumah tangga, aku di nasehati lagi agar kelak bisa menjadi istri dan ibu yang baik untuk suami dan anak-anakku.. sementara ayah dia masih terus saj menagis memikirkan aku yang nanti akan di nikahinya. aku sangat bahagia saat ini meski entah mengapa seperti batinku saat ini merasa sedikit galu.. mungkin perasaan deg-degan menuju har akad nikah saja.


Keesokan harinya aku bangun untuk sholat shbuh, 5 jam lagi aku akan menjadi istri sah dari BIMA SYAHPUTRA di dalam doa dab sujudku aku meminta "TUHAN..BILA MEMANG DIA MAKA HALALKAN DIA UNTUK MENYATU DENGAN DARAHKU NANTINYA. BIARKAN DIA MENJADI IMAMKU,MENJADI SUAMIKU DAN MENJADI AYAH KELAK UNTUK PUTRA DAN PUTRIKU"


selesai sholat aku segera bersiap untuk didandani belum sempat bedak menempel di kulit wajahku sebuah sms dari bima masuk dan smsnya, "riska, maafkan aku..tapi hari ini aku tak bisa duduk di sebelahmu untuk bersanding di pelaminan. maaf aku tak bisa menikahimu.. hampir 4 tahun aku merajut kasih denganmu tapi tak ada rasa cinta yang ku dapat. maaf tapi ini harus ku lakukan. aku bertanggung jawab bila keluargamu ingin menuntutku ke pihak berwajib. semoga kau mendapat laki-laki yang pantasuntukmu. maafkan aku tapi selama ini aku merajut cinta dengan adikmu. MAAF"


Aku masih belum bisa percaya pesan ini di pikiranku pasti ini lelucuoan orang laen yang ingin mengerjaiku. ku telphone bima untuk minta penjelasan dan ternyata sms itu benar !! kuletakkan handphoneku ke meja rias,aku duduk sejenak,jantungku berdebar tak karuan sambil berpikir bahwa ini hanya lelucuoan saja. ibu kanget saat aku membanting semua barang-barabg di dalam kamarku, pihak keluarga mencoba menenangkanku tapi saat itu juga rasanya aku ingin membunuh diriku sendiri,sakit rasanya,tak kuasa aku menerima ini,, dia yang kicintai dan dia adikku yang ku sayang mereka menusukku dari belakang. hari itu tampak kacau ayah sampai menampar wajah shela,ibu sampai pingsan dan aku memilih mengurung diri di kamar untuk mencari ketenangan. 17 jam berdiam diri di kamar dengan setumpuk perasaan hancur yang tak mampu ku obati, berapa kali telephone dari bima tak mampu ku angkat malah yang ada handphoneku hancur ku banting di lantai kamar.
selama ini aku salah menilainya,saat itu bila shela berkata dia sudah duluan mendekati bima takan ku lanjutkan niatku untuk bersamanya tapi sekarang nasi menjadi bubur, adikku sekarang mengandung bayi dari bima.. usia kandungannya memasuki 3 bulan, selama ini aku di bodohi oleh tingkah mereka yang biasa-biasa saja saat di hadapanku.
oohh Tuhan inikah luka yang harus ku ambil ??? :(


27 jam mengunci diri mencari jawaban apa yang harus ku ambil, ku dewasakan diriku di hadapan mereka.. cincin yang kupesan bersama bima ku berikan untuk adikku sambil berkata "kamu cocok dek bila pakai cincin itu, di kakak cincinnya nggak muat pasti di adik pas.. di pakai ya saat pernikahan adik nanti" tubuhku langsung di pelukknya berapa kali berucap kata MAAF tapi aku tak mampu menjawab, air mataku terus jatuh.. bisa kurasa perutnya saat dia memelukku makin membuat aku menangis tak tahan dan berlari ke kamar lagi. ku berikan kebayaku untuk dikenakannya..aku sudah membujuk ayah dan ibu untuk jangan terlalu menghukum shela berlebihan, biarlah ini menjadi salah ku yang dari awal tak mau tahu perasaannya dan hanya mau agar shela saja yang tahu perasaanku.


MEREKA BERDUA PUN MENIKAH. aku memilih hari ini berangkat ke bali agar tak menyaksikan ijab kabul mereka.. sepanjang perjalanan ke bali aku masih terus menangis menahan hancurnya hatiku yang gagal menikah dengannya.
dalam pedih hatiku berbisik: "DALAM PEDIH HATIKU, ENGKAU MENYENANDUNGKAN.. MEMANG LUCU AKU MASIH MENCINTAIMU WALAU KU MENANGIS DALAM PENELANTARAN DAN MASIH MENGHARAP KESETIAANMU. INI MEMANG LUCU, TAPI TAK LUCU BAGIKU.. MEMANG LUCU AKU MASIH MERINDUKANMU SEBAGAI MEMPELAIKU, WALAU KUTAHU HATIMU TELAH MATI. INI MEMANG LUCU TAPI TAK LUCU BAGIKU. TAPI KUBERDOA AGAR TUHAN TAK TERTAWA DAN MENYELAMATKAN HATIKU YANG PIATU INI"


sudah setahun berlalu, aku tak mampu tinggal seatap bersama shela dan bima dan lebih memilih menetap di apartemen yang di hadiahkan ayah sebagai kadoku atas pernikahanku yang gagal waktu itu.
aku tak kuasa saat harus duduk bersama di meja makan berhadapan dengan bima dan menyaksikan shela menyajikan makanan untuknya, aku sedih bila melihat pagi hari mereka berdua berjalan bersama saling bergandengan tangan dan sesekali mengusap-usap perut shela,aku tak cukup kuat saat melihat mereka begitu saling menyayangi. aku masih tak bisa mengusap perut shela padahal di dalamnya adalah ponakanku nantinta.. AKU TAK BISA RASANYA SANGAT TAK BISA TERUS BERPURA-PURA SENYUM DI HADAPAN MEREKA SEOLAH HATIKU INI BAIK-BAIK SAJA....AKU TAK BISA TUHAN :(


shela sudah melahirkan anaknya perempuan aku menatap anaknya dari pintu kamar ruang bersalin.. aku sempat menangis saat itu juga aku berjalan mendekatinya mengusap pipi anaknya itu dan berkata "dia cantik sepertimu dek"
ku beranikan diriku untuk mencoba menggendong ponakanku ini,ku cium pipinya,bibirnya,dahinya sambil meneteskan air mata lagi. anak ini tak salah apa-apa tak seharusnya aku membencinya, aku harus bahagia karena ini ponakan pertamaku.


perlahan rasa sesalku ini hilang dengan sendirinya. aku berniat melanjutkan S2 di milan dan ayah ibu menyetujui permintaanku itu. disana kan ku buka senyuman baru, senyuman yang hampir 2 th ini hilang dari kehidupannku. aku pernah gagal menikah tapi bukan berarti aku harus gagal dalam pencari kehidupanku ke depan... NOVEMBER 2011 MEMULAI HIDUP BARU DI NEGARA ORANG.... MILAN !!! :)

32 komentar:

  1. Blogwalking sore. Salam kenal ya :)

    Btw, tulisanmu bagus banget lho :D

    BalasHapus
  2. sadis deh ksahnya ..
    mana ada yang tahan ngeliat cintanya hidup bahagia dengan orang lain .. hhehe
    bagus konfliknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah sob..aku juga bisa jatuh bangun ngelap muka kalo kek gini.. haduh ampun2 deh :)
      thanks kunjungan malamnya yah..

      Hapus
  3. kalo itu gue, gue rasa, gue ga akan sanggup ketemu cowo atau adiknya, atau anak mereka. mending punya kehidupan lain dulu, cowo baru dulu, baru deh bisa tatap muka lagi :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya si mbak.. sakitnya nauzubillah. teman qt sndri aja yang nusuk dari blkang sakitnya ngk ketulungan aplagi adiknya.... :D

      Hapus
  4. mampir numpang baca ya mbak, salam kenal

    BalasHapus
  5. Arrrrrrr ini beneran asli >.< arrgg saya jadi sempet ikutan marah gini, perbuatan tusuk menusuk dari belakang yang ironis. Dan berarti kamu harus menanggung beban yang sangat hebat. Jangan sampai terjadi untuk kedua kalinya, semoga Allah senantiasa memberikan ketabahan, dan kedepannya semoga kamu jadi perempuan hebat. Ingat selalu ada kemungkinan baik dan buruk dalam diri seseorang. Baiknya diri seseorang yang terlihat oleh kita belum tentu dimata Allah^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak lihat label. Dan tahunya ini fiksi ya? haha tapi gapapa. bisa buat ilmu sekaligus pelajaran :D

      Hapus
    2. hahaha sabar dulu bang jgn marah2..fiksi doank hihihih...

      Hapus
  6. cerita nya bagus banget niza, tapi sedih juga ya, mudah2 cerjta ini nggak terjadi di kehidupan kita ya, karena rasanya pasti sakit banget ya niz

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksih bun, yah bun sungguh meleleh ni hati kalo ngelaminnya bnr2 real :)

      Hapus
  7. It's always dark before the dawn..

    salut buat kesabaran sama ketabahanmu, keep writing :)
    salam kenal

    BalasHapus
  8. hoho..ya buat dia yg ada di dalam fiksiku :)
    salam kenal juga.. ^^

    BalasHapus
  9. Hikss..hikss... ceritanya bikin mewek :'(
    tapi pasti ada hikmah dibalik kejadian ini, untunglag Bima jujur sebelum akad nikah berlangsung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. yang sabar yang ikhlas pasti kan ada hikmahnya,, :)

      Hapus
  10. Bingung mau coment apa, hmph.. sabar-sabar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar sabar..ngusap dada sama air mata aja.. :D

      Hapus
  11. ehmmm nizaa, u thuuu emng jagonya deh, setiap baca ceritanya, kyk aku ad didalam cerita keren banget sie, ajarin dong cr bikin cerpen, ayo ayoooo bikin bukuuu

    keren 2 thumbs 4 u dear

    oya rumahnya barunya bagus, tpi tulisan putih miring, membuat aku harus menatap lebih lama.. heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak selvi.. masih byk yg harus dikoreksi mbak..ini blm apa2nya dibanding tulisan2an mba :)
      insayallah mbak..
      hoho..oh yah mba nnti di koreksi tulisan putih miringnya yah mba :)
      thanks untuk kunjungannya mbak..

      Hapus
  12. Nizza ni ratu galau dech...
    tulisannya galau semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho..tapi moga real lifenya nggak segalau fiksiku deh bang :)

      Hapus
  13. aku merasa tersindir. . . . :(

    mengingat kejadian tahun pertengahan tahun ini. . .. :'(

    BalasHapus
  14. FIKSI YG BAGUS..

    ini yg kutakutkan... ehhee

    jika ada dua hati kakak adik. mendgan menyingkir dripda menyakiti salahsatunya.
    Hikmahnya banyak bgd.. good job

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Tetap Semangat ya, semua perjalanan sudah mempunya jawaban pasti yang belum kita ketahui, seberapa kuat kita bangkit itulah yang akan menjadikan kita orang luar biasa

    BalasHapus
  17. yuuk sebelum melepas masa lajang ketahui dulu apa persiapanya

    BalasHapus
  18. Jd duda krn mantan istri tnyt ada janji dgn pil nya pdhal sudah setulus hati dan sekuat tenaga menyayangi dan menyanjungnya sepertinya layak dapat wanita yg tulus seperti ini juga yaa...lol

    BalasHapus

selesai membaca, ayo tinggalkan kritik dan saran teman-teman :)